atau lebih dikenal dengan panggilan Igoey memulai Blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Saat ini dia focus sebagai profesional Blogger dan menjadi penulis dibeberapa blog miliknya. read more »

Patuh Sepanjang Tidak Maksia (I)

"Seorang Muslim perlu mendengarkan dan mematuhi perintah, yang disukai maupun yang tidak disukai, selama tidak disuruh melaksanakan maksiat, (kejahatan). Apabila disuruh maksiat, tidak boleh didengar dan dipatuhi." (HR. Imam Bukhari).

Ini berkaitan dengan kedisiplinan dalam bernegosiasi antara bawahan dan atasan. Bila para bawahan mendapat perintah, asal tidak disuruh berbuat maksiat, maka wajib didengar dan diikuti perintahnya. Boleh jadi, suatu perintah itu tidak menyenangkan secara pribadi, atau bertentangan dengan pendapat pribadinya, tapi sesuatu yang tidak menyenangkan secara pribadi, bisa jadi akan bermanfaat secara kelompok atau organisasi, baik sosial, politis, maupun bisnis.

Jadi kita wajib mematuhi perintah yang menjauhkan dari segala kemaksiatan atau suatu yang tidak disukai Allah Swt. Perintah atasan terhadap bawahan. Okay, Cerita Patuh Sepanjang Tidak Maksiat I sudah selesai, mungkin ada 2 Jilid lagi, nanti saya akan Posting lain waktu. Semoga di Tema Pertama (I) bisa bermanfaat.

No comments: