atau lebih dikenal dengan panggilan Igoey memulai Blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Saat ini dia focus sebagai profesional Blogger dan menjadi penulis dibeberapa blog miliknya. read more »

Tutorial VPS Web Server (CentOS) Dengan Webuzo

Webuzo adalah layanan OpenSource gratis yang bisa kita nikmati sebagi Web Server yang dimana Webuzo memberikan layanan free, tetapi ada juga versi premium, walaupun layanan gratis anda masih bisa menikmati apps panel yang bisa di install sampai 200+ aplikasi yang di sedikan disana dan tidak kalah jauh dengan versi premium. Jika mau mencoba versi yang lebih baik, coba anda gunakan cPanel, tetapi harganya itu lhoo gak nahan. :)

Saudara dari Softaculous ini satu company yang dimana memberikan layanan yang memberikan kita kepuasan tersendiri, terutama bagi saya, saya menggunakan Webuzo untuk kebutuhan Web Server VPS, installasinya juga tidak terlalu sulit, bagi saya ini layanan yang begitu menarik sekaligus support-nya sangat bagus, ketika saya mengalami problem saya langsung kontak ke staff disana, dan ternyata lebih friendly ketika kontak staff via skype.

Untuk installasi saya menggunakan CentOS 6 64bit, Memory Ram 512 MB. Nah untuk installasi CentOS saya tidak akan bahas yang akan saya bahas Tutorial Install Webuzo di CentOS. Jika VPS anda sudah terinstall CentOS mari kita lanjut cara installasinya :

  1. Pertama, download script install untuk Cent OS 6x di website Webuzo dengan menggunakan wget.
    wget http://files.webuzo.com/install.sh
  2. Lakukan chmod pada install.sh agar mendapat permission untuk di eksekusi.
    chmod 0755 install.sh
  3. jalankan bash shell command ini :
    ./install.sh
  4. Instalasi selesai, dan admin panel bisa bisa di akses disini :
    http://example-domain.com:2004
    
    
    Proses Installasi Finish

    Setelah proses instalasi di bash shell command selesai, silahkan akses web server anda menggunakan domain atau IP address yang anda gunakan di VPS, ganti example-domain.com - dengan nama domain / IP anda.
    http://example-domain.com:2004

Akses Administrasi Webuzo.

Di bagian Administrasi diatas isikan email, password, dan nameserver custom yang ingin anda gunakan nantinya untuk meng-onlinekan website anda.


Login Webuzo :

Admin Panel

To login to the Softaculous Webuzo Admin Panel, visit the following URL :
https://Your-IP:2005/

OR

http://Your-IP:2004/ (Login with the servers root details.)

Enduser Panel

To login to the Softaculous Webuzo Enduser Panel, visit the following URL :

https://Your-IP:2003/

OR

http://Your-IP:2002/

Video Installasi Webuzo


Tips: Ketika anda ingin menginstall Webuzo sebagi web server anda, di bagian administrasi, default-nya "soft" silahkan di ganti dengan username kesukaan anda.

Note : ketika anda sudah menginstall webuzo, default installasinya adalah LAMP Stack (software bundle). Admin Panel ini anda bisa mengatur Nameserver, domain primary dan masih banyak lagi, untuk Enduser Panel ini bagian dimana anda ingin menginstall applikasi seperti e-Commerce, PHP, MYSQL, Nginx, dan masih banyak lagi, tetapi anda harus bisa mengoptimalkan server anda agar tidak terjadi error kelak nanti di aksesnya.

Jika ada yang kurang di mengerti saya juga masih belajar cara oprek webuzo-nya, mungkin anda bisa saling sharing dengan saya silahkan tinggalkan komentarnya. Selamat mencoba sob.

referensi :
localdev.com
webuzo.com

No comments: