atau lebih dikenal dengan panggilan Igoey memulai Blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Saat ini dia focus sebagai profesional Blogger dan menjadi penulis dibeberapa blog miliknya. read more »

3 Perkara Letaknya Musibah Dan Bencana

Kepemimpinan
“Ada tiga perkara yang tergolong musibah yang membinasakan, yaitu (1) seorang penguasa, jika engkau berbuat baik kepadanya, ia tidak mensyukuri Mu, dan bila engkau berbuat kesalahan, dia tidak mengampuni Mu; (2) Tetangga, bila melihat kebaikan Mu, dia pendam, bila melihat keburukan Mu, dia sebarluaskan; (3) Istri, bila berkumpul dia mengganggu Mu dan bila kamu pergi dia akan menghianati Mu.” (HR. Imam ath-Thabrani).

Kejam. Inilah pemimpin yang membawa musibah dan bencana bagi bawahan, maupun rakyatnya. Ia memimpin dengan menuruti hawa nafsunya, jauh dari tuntutan Al-Qur’an dan Sunnah Rasul. Ketika seorang bawahan berbuat baik, ia tidak berterima kasih, tapi malah disalahkan; ketika bawahan berbuat kesalahan, ia menyiksanya. Tentu, kepemimpinan tersebut jauh dari model kepemimpinan syariah. Dalam model kepemimpinan yang berbasis syariah, jika bawahan berbuat kebaikan ia mensyukurinya, bila berbuat kesalahan, diberikan hukuman yang profosional, atau memaafkan sambil menunjukkan jalan yang benar. Disinilah letaknya keteladanan Sang Pemimpin.

(Teladan Kepemimpinan Muhammad saw)
source image : www.iluvislam.com

No comments: